CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP PART SOFTWARE

MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP PART SOFTWARE – Pada artikel sebelumnya saya sempat membagikan CARA MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP dari segi Hardware. Sebagus apapun Hardware yang kita miliki , jika kita tidak mampu mengelola aplikasi dan file-file yang ada dalam laptop akan menurunkan performa laptop tersebut. Contohnya management file yang buruk, penggunaan software / aplikasi yang berlebihan. Dan masih banyak lagi faktor-faktor lainnya yang berkaitan dengan penggunaan. Ada isitilah sebagus apapun barang jika tidak berada di tangan yang tepat, maka fungsinya tidak akan berjalan sempurna. Sebelum kalian menerapkan TIPS MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP PART SOFTWARE ada baiknya kalian baca juga artikel sebelumnya. Bagaimanapun juga tips di artikel ini akan berjalan lancar jika di dukung dari segi Hardware yang mumpuni.

BACA JUGA   CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP PART HARDWARE
Di bawah ini saya akan membagikan 8 Tips CARA MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP . Buat kalian yang mungkin merasa performa laptop nya menurun tidak ada salahnya untuk mencoba tips di bawah ini. Tips di bawah ini khusus buat kalian yang menggunakan OS (Operting System) Windows.

 

CARA MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP

Gunakan OS 64-bit

Tips ini  berkaitan dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang penambahan kapasitas RAM di laptop. Seperti yang kita ketahui OS 32-bit hanya mampu membaca RAM hingga 4GB bahkan terkadang dari 4GB RAM yang kita pasang hanya terbaca 3.5 GB di System. Jika kalian menggunakan Os 64-bit kalian bisa menggunakan RAM hingga 128GB, namun kembali lagi tergantung dengan type Motherboard yang di gunakan laptop kalian. Untuk saat ini sudah banyak Driver Hardware yang support untuk system 64-bit, jadi ga ada salahnya bermigrasi dari 32-bit ke 64-bit. Buat anda yang sering bekerja Multitasking OS 64-bit ini sangat cocok buat kalian.

 

Mengentikan Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Tips ini wajib banget bagi kalian pengguna Windows 10. Pada windows 10 banyak sekali aplikasi bloatware yang berjalan di background. Aplikasi tersebut memang memiliki pengaturan default berjalan di background untuk mendaptkan update dan memberikan notifikasi-notifikasi baru. Biasanya aplikasi-aplikasi seringkali muncul menghiasi Metro UI windows 10. Tentu saja hal ini akan mengurangi performa laptop kalian. Cara untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di backgorund adalah sebagai beikut :

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Pilih Privasi
  3. Scroll ke bawah dan cari menu “Background Apps”
  4. Silahkan ubah Slide button ke Off. kalian bisa menerapkanya secara menyeluruh atau secara manual per aplikasinya.

Non Aktifkan Program Yang Berjalan di Startup

Selain aplikasi yang berjalan otomatis di background, Program yang berjalan di startup pun menjadi penyumbang lemotnya performa laptop kalian. Kalian bisa melakukan pengaturan ini di menu startup pada Task Manager. Yang perlu kalian lakukan hanyalah disable program yang otomatis berjalan jika laptop kalian di nayalakan. Utamakan yang status’nya High. Cara non aktifkan program yang berjalan di startup adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Task Manager dengan cara Ctrl+Shift+esc atau Ctrl+Alt+Del.
  2. Pilih menu Startup
  3. Silahkan Disable program yang kalian inginkan.

Uninstall Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Bloatware (Aplikasi Bawaan) dari windows 10/8/8.1 memang cukup lumayan banyak ketimbang dengan Win 7. Secara tidak langusng aplikasi bawaan ini akan memakan ruang memori laptop dan memyebabkan performa’nya menurun. Jika kalian tidak menghendaki aplikasi bawaan kalian bisa menghapusnya dengan cara berikut :
  1. Masuk ke pengaturan / Setting.
  2. Pilih Apps
  3. Di menu Apps & Feature silahkan uninstall aplikasi yang tidak kalian inginkan.

Gunakan Aplikasi System Cleaner

Aplikasi pihak ketiga memang sangat di butuhkan untuk membuat performa laptop kita tetap stabil. Jika kita tidak sering membersihkan Junk File,Cache,Cookie,Internet History,logs dll. Tentunya akan berpengaruh pada laptop kita. Untuk urusan bersih – bersih kalian bisa mempercayakan nya pada aplikasi System Cleaner . Dengan aplikasi System Cleaner kalian bukan hanya sekedar melakukan bersih-bersih tapi berguna juga untuk uninstall software , restore dll. Jangan lupa gunakan versi originalnya ya.

 

Menghapus Add-ons atau Extension Di Browser 

Tanpa kita sadari ketika kita menginstall aplikasi Freeware terkadang muncul aplikasi bawaan (bloatware) yang ikut terinstall. Aplikasi ini biasanya berupa Add-ons atau extension browser. Semakin banyak Add-ons browser yang kita gunakan, semakin banyak pula memory laptop yang terpakai. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa laptop. Untuk meingkatkan kembali performa laptop, ada baiknya kalian uninstall Add-ons browser yang tidak kalian gunakan. Untuk menginstall’nya kalian bisa masuk ke pengaturan browser yang kalian gunakan.

 

Jangan Berlebihan Menggunakan Anti Virus

Memasang Anti Virus di Komputer hukum’nya memang wajib. Terlebih Virus-virus saat ini sangatlah mengerikan, sebut saja Ransomware yang belum lama ini menginvasi banyak komputer . Namun menggunakan’nya secara berlebihan juga tidak baik. Masih banyak yang berfikiran semakin banyak Anti Virus yang terinstall semakin aman Laptop dari serangan Virus. Opini tersebut mungkin ada benarnya, namun akan berimbas kepada performa laptop kalian. Setiap kali laptop di nyalakan Anti Virus akan melakukan Scaning ke dalam System dan direktori laptop kalian. Bayangkan jika kalian mempunyai 3 Anti Virus yang secara bersamaan menjalakan scanning.Tentu saja hal ini akan menurunkan performa laptop kalian. Yang di perlukan hanyalah memilih Anti Virus yang terpercaya dan sering melakukan Update tentunya. Melakukan Update Anti Virus lebih efektif ketimbang memasang Anti Virus banyak tapi kadaluarsa. Anti Virus yang tidak pernah di update, sistem keamanan’nya akan mudah di jebol oleh virus-virus baru. Jika kalian mempunyai uang lebih tidak ada salahnya membeli versi premiumnya.

 

Install Aplikasi Sesuai Dengan Spek Laptop Kalian

Setiap tahun’nya aplikasi selalu mengeluarkan update versi. Di versi terbaru selalu saja ada fitur-fitur baru yang tidak tersedia di versi sebelumnya. Semakin baru versi dari sebuah program, Spesifikasi yang di butuhkan (System Requirements) untuk menjalankan’nya pun semakin meningkat. Misal di versi sebelumnya sebuah aplikasi hanya membutuhkan 4GB RAM dan di versi update selanjutnya ada penambahan fitur baru hingga membutuhkan RAM lebih besar. Jika kalian tidak melakukan Upgarde dari sisi Hardware tentunya laptop kalian akan lemot jika memaksa menjalankan versi baru. Alangkah baiknya baca terlebih dahulu System Requirements sebelum menginstall sebuah program / aplikasi.

 

Demikianlah artikel CARA MENINGKATKAN PERFORMA LAPTOP PART SOFTWARE. Sebenarnya masih banyak lagi tips-tips lain cara meningkatkan performa laptop yang tidak saya tuliskan di atas. Jika kalian punya tips lain’nya kalian bisa menuliskan’nya di kolom komentar. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui tombol share yang ada di bawah. Jika kalian ingin menghubungi Admin kalian bisa menggunakan menu contact . Jika tidak ada kesibukan di luar, pertanyaan kalian akan segera di balas. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. CMIIW (Correct Me I’f Im Wrong).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *