Pengertian Domain Pada Sebuah Website

Pengertian Domain Pada Sebuah Website – Tentunya kita sudah sering mendengar istilah domain pada sebuah website. Dalam penggunaannya pun tak pernah lepas dari aktifitas kita sehari-hari. Kemajuan teknologi semakin mempermudah kita untuk mengakses internet. Jika jaman dahulu internet hanya bisa di akses melalui Perangkat Komputer dan hanya golongan-golongan tertentu yang bisa mengaksesnya,berbeda halnya dengan jaman sekarang. Semua orang dengan bebas bisa mengakses internet melalui paket data seluler atau jaringan nirkabel wifi yang dengan mudah bisa kita dapatkan di tempat-tempat umum,bahkan banyak juga orang-orang yang sudah berlangganan jaringan wifi untuk di pasang di rumahnya.

 

Smartphone merupakan media yang paling lazim di gunakan untuk mengakses internet. Melalui layarnya yang pas di genggaman tangan, tentunya kita sering berselancar di internet atau istilah gaulnya adalah browsing. Beribu websitepun bertebaran di internet mulai dari website berita gosip yang di sering di akses oleh ibu-ibu,Website portal berita yang membahas Dunia Politik yang kadang menggelitik.Dan tak ketinggalan website Jual beli online yang akhir-akhir ini begitu booming dengan istilah Online Shop. Beribu-ribu website itu tentunya tak lepas dari peran domain dan hosting sehingga bisa kita akses melalui Smartphone,tablet ataupun Laptop.

Domain adalah nama unik (unique name) yang di berikan untuk mengidentifikasi (to identified) nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet

Secara singkat bisa kita artikan domain adalah alamat sebuah website.Ada juga yang menyebutkan domain sebagai URLUniform Resource Locator” . Fungsi dari domain sendiri untuk memudahkan pengguna internet pada saat melakukan akses ke web server tanpa harus mengetikan sejumlah angka yang sering di kenal dengan isitilah IP address. Sebagai contoh misal IP server tempat alamat website kita di simpan 11.234.70.365 .Sebenarnya kita bisa saja mengetikan digit angka tersebut di browser kita untuk mengakses website kita.Namun sangatlah tidak bagus bagi para pengunjung website harus menghapal rangkain angka IP address untuk sekedar mengakses sebuah website.Jadi disinilah fungsi domain hadir untuk menggantikan rangkaian angka IP address dengan rangkaian huruf yang lebih simple dan mudah di ingat oleh pengunjung website. sebagai contoh:  Kokom.com tentunya lebih mudah di ingat ketimbang harus mengetikkan 11.234.70.365 .

 

BACA JUGA   SYSTEM REQUIREMENTS PES 2018

Pengertian Domain Pada Sebuah Website

FREE DOMAIN :

  1. Blogspot.com di gunakan untuk blog dengan hosting milik Blogger.
  2. WordPress.com di gunakan untuk blog dengan hosting milik WordPress.

 

Sebenarnya masih banyak lagi free domain yang bisa kita dapatkan di internet.Namun yang saya sebutkan di atas adalah jenis Free Domain yang populer dan palin banyak di gunakan.

 

TOP LEVEL DOMAIN (TLD) :

Untuk menggunakan Top Level Domain (TLD) tentunya kita harus membeli domain tersebut di penyedia-penyedia domain. Penggunaan domain TLD yang paling populer adalah .com .net . Ekstensi dari domain TLD pun semakin bertambah mengikuti perkembangan jaman. contoh kecilnya sebagai berikut :
  • .com di gunakan untuk komersial/perusahaan.
  • .info di gunakan untuk  yang berisi informasi
  • .edu di gunaan untuk  yang berisi pendidikan
  • .org di gunakan untuk kepentingan organisasi
  • .biz di gunakan untuk kepentingan bisnis.
  • .name di gunakan untuk keluarga/personal

 

COUNTRY CODE TOP LEVEL DOMAIN (CCTLD) :

Domain ccTLD ini menunjukan kode sebuah negara melalui dua digit ekstensi domain di belakangnya. jika kita menemui sebuah domain yang berekstensi .id maka sudah jelas domain itu berasal dari negara tercinta kita INDONESIA he..he..he…Adapun contoh domain ccTLD sebagai berikut :
  • .id negara Indonesia
  • .sg negara Singapura
  • .my negara Malaysia
  • .uk negara Inggris (united kingdom)
Adapun domain khusus Indonesia di bagi lagi menjadi
  • .co.id untuk perusahaan swasta yang memiliki badan hukum
  • .ac.id untuk lembaga pendidikan minimal penyelenggara Diploma 1
  • .go.id untuk lembaga instansi pemerintahan.
  • .net.id untuk organisasi pemegang ijin penyelenggara jasa telekomunikasi.
  • .sch.id untuk lembaga pendidikan SD,SMP,SMU
kurang lebih itulah contoh penggunaan domain khusus indonesia dan Pengertian Domain Pada Sebuah Website. Untuk menjalankan sebuah website selain Domain tentunya kita juga membutuhkan sebuah Hosting. Hosting sendiri ada yang Free hosting (di bagikan secara gratis) ada juga yang berbayar. Pembahasan tentang Hosting akan saya bahas di artikel saya selanjutnya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *