UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE DI HANDPHONE ANDROID

UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID – Android adalah sebuah Sistem Operasi Open Source. Siapapun bisa saja mengembangkan OS yang paling banyak di gunakan oleh Smartphone saat ini. Menggunakan OS Android memiliki kekurangan & Kelebihan masing-masing. Kelebihannya kita bisa dengan mudah memodifikasi device.Kekurangannya dari segi keamanan Android memang sedikit rentan ketimbang IOS (Operating System Iphone) . Setiap device Android yang di lepas di pasaran oleh Vendor Smartphone, selalu di selipkan aplikasi bawaan. Atau yang sering kita sebut dengan Bloatware. Adakalanya ketika merilis Product , Vendor Smartphone melakukan kerjasama dengan pihak ke tiga. Bentuk kerjasama’nya biasanya berupa aplikasi yang di benamkan pada OS Smartphone tersebut. Kadang kala Vendor Smartphone pun menciptakan aplikasi yang sengaja di pasangkan di setiap unit Smartphone yang di jualnya. Contohnya XIAOMI , Produsen Smartphone asal China ini sering kali menyertakan aplikasi bawaan / Bloatware di setiap unit handphone yang menggunakan OS MIUI.

Akan menjadi sebuah keuntungan bilamana Aplikasi bawaan / Bloatware yang sudah tertanam di Smartphone bermanfaat dan sering kita gunakan. Namun jika aplikasi tersebut tidaklah di gunakan dan hanya sekedar menjadi pelengkap, tentu saja ini bisa mempengaruhi performa device kita. Secara tidak langsung aplikasi bawaan / Bloatware akan memakan ruang penyimpanan & mengurangi kapasitas Ram di Smartphone kita. Pengaruhnya secara garis besar tentunya akan membuat Smartphone kita menjadi Lemot. Bagi anda yang mungkin saja berniat untuk UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID . Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan Root pada Android kalian. Untuk saat ini hanya itu satu-satunya cara untuk menghapus Bloatware pada Handphone Android.

BACA JUGA   MENGGUNAKAN XIAOMI SEBAGAI USB MODEM

Beberapa keuntungan yang kalian dapatkan jika UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID akan saya jelaskan di bawah ini.

  • Menambah ruang penyimpanan. Aplikasi Bloatware sering kali mempunyai size yang sangat besar. Jika aplikasi tersebut tidak anda gunakan, menghapus’nya akan memberikan Space tambahan pada handphone. Tentunya kita tak lagi kerepotan jika ingin menyimpan File / mengunduh aplikasi baru.
  • Melegakan pengunaan Ram. Setiap aplikasi yang terinstall di handphone akan memakan kapasitas memori. Hal inilah yang membuat handphone menjadi lemot jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall. Jika handphone kalian mempunyai kapasitas Ram yang sangat minim, menghapus Bloatware akan menjadi solusi bijak untuk meningkatkan performa handphone kalian.

Kurang lebih itulah kelebihan jika kalian menghapus bloatware dari handphone kalian. Namun tentunya hal ini perlu di pertimbangkan, karena untuk melakukan’nya handphone harus dalam keadaan Root. Sedangkan Root sendiri akan menghilangkan garansi yang di berikan. Namun jika masa garansi handphone kalian sudah habis, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID

 

Pada tahap ini saya asumsikan handphone kalian sudah dalam kondisi root. Jika sudah, kalian bisa mengunduh sebuah aplikasi “System App Remover” . Aplikasi ini bisa di unduh secara gratis di Play Store. Namun jika kalian menyukai aplikasi ini, kalian bisa melakukan pembelian agar bisa menggunakan fitur premium’nya. Untuk aplikasinya kalian bisa unduh melalui link di bawah ini.

UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID

  • Buka Aplikasi
  • Akan muncul notifikasi yang meminta akses root . Klik ijinkan.
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian unisntall.
  • Klik uninstall tunggu prosesnya selesai.
  • Reboot.
  • Selamat kalian sudah berhasil hapus bloatware di handphone.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat video tutorial di bawah ini.

Ketika kalian UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID yang perlu di perhatikan adalah jangan sembarangan menghapus aplikasi. Karena beberapa aplikasi ada kaitan’nya dengan system. Jika kalian salah menghapus aplikasi akan menyebabakan system tidak berjalan normal dan fatalnya bisa mengakibatkan bootloop. Untuk lebih mudahnya jangan hapus aplikasi yang mempunyai icon robot Andorid hijau, karena itu merupakan aplikasi system.

BACA JUGA   CARA MEMBUAT POWERBANK SENDIRI REAL KAPASITAS

Demikianlah artikel UNINSTALL APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE ANDROID. Jika ada Link download yang bermasalah dan pertanyaan seputar artikel ini silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Jika menurut kalian  artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya melalui tombol share di bawah. Untuk pertanyaan di luar artikel kalian bisa klik menu contact .Akhir kata terima kasih sudah membaca artikel ini. -Do With Your Own Risk-

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *